PENGARUH PEMBERIAN INSENTIF, DISIPLIN DAN MOTIVASI TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS KERJA TENAGA PENDIDIK DI SMP KATOLIK AMBON

Alexandro Topan Kafroly, Edoardus J Ohoiledwarin

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut; mengetahui pengaruh insentif pada kualitas kerja tenga pendidik di SMP Katolik Ambon, mengetahui pengaruh disiplin pada kualitas kerja tenaga pendidik di SMP Katolik Ambon, mengetahui pengaruh motivasi kerja pada kualitas kerja tenaga pendidik di SMP Katolik Ambon, mengetahui pengaruh dari ketiga faktor secara simultan (insentif, motivasi dan disiplin kerja) terhdap kualitas kerja di SMP Katolik Ambon. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan analisa regresi linier sederhana dan analisa linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut : Insentif tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas kerja tenaga pendidik di SMP Katolik Ambon. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi yang diperoleh yakni (β) 0,051 (**p>0.05; p=0,662). Kontribusi pengaruh insentif terhadap kualitas kerja tenaga pendidik di SMP Katolik Ambon adalah positif tapi tidak signifikan dengan nilai (∆R2) 0,005. Displin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas kerja tenaga pendidik di SMP Katolik Ambon. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi yang diperoleh adalah (β) 0,426 (**p<0.05; p=0,001). Kontribusi pengaruh disiplin terhadap kualitas kerja tenaga pendidik di SMP Katolik Ambon sebesar (∆R2) 0,241. Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas kerja tenaga pendidik di SMP Katolik Ambon. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi yang diperoleh yakni (β) 0,294 (**<0.05; p=0,019). Kontribusi pengaruh motivasi terhadap kualitas kerja tenaga pendidik di SMP Katolik Ambon sebesar (∆R2) 0,137. Insentif, Disiplin dan Motivasi berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap kualitas kerja tenaga pendidik. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi yang diperoleh yakni (β) 0,519 (**<0.05; p=0,010). Kontribusi pengaruh insentif, disiplin dan motivasi terhadap kualitas kerja tenaga pendidik di SMP Katolik Ambon sebesar (∆R2) 0,269.

Keywords


Motivasi, insentif dan kinerja

References


Agus Purwoto. Panduan Laboratorium Statistik Inferensial. Jakarta: Grasindo. 2007.

Arep dan Tanjung. Manajemen Motivasi. Jakarta: Grasindo. 2004

Asep S Hamdi dan E. Bahruddin. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Budi Utama. 2012.

Beni Ahmad Saebani dan Kadar Nurjaman. Manajemen Penelitian. Bandung: Pustaka Setia. 2013.

Hasibuan.M. S.P. Manajemen Sumber Daya Manusia.Ed. Revisi Cet. 12. Jakarta: Bumi Aksara. 2009.

Kasmadi, N. S. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Laoshi Hao, Skripsi, Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Dalam Meningkatkan Kualitas Kerja Pegawai di Kantor Pertanahan Kota Banjar. Diambil dari: http://www.academia.edu//7734065/BBA I SKRIPSI 82, diakses pada tanggal 15 Februari 2017.

M. Fuad dkk. Pengantar Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 2006.

Pandi Afandi. Concept & Indikator Human Resources Management. Yogyakarta: Deepublish Grup Penerbitan CV Budi Utama. 2016.




DOI: https://doi.org/10.47025/fer.v1i2.10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Creative Commons License

This Journal Fides et Ratio is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.