EUTHANASIA DALAM PERSPEKTIF MORAL DAN AGAMA: SUATU TINJAUAN REFLEKTIF TERHADAP KODRAT MANUSIA DALAM TERANG GAUDIUM ET SPES

Martinus Nifanngelyau, Edoardus Koisin

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana euthanasia dalam perspektif moral dan agama: Suatu Tinjauan Reflektif Terhadap Kodrat Manusia   Dalam Terang Gaudium Et Spes. Penelitian ini mengunakan jenis pendekatan library research atau riset kepustakaan untuk euthanasia dalam perspekrif moral dan agama yang dimana kajian tentang euthanasia memiliki makna untuk mengakhiri hidup dengan cara mudah, tanpa rasa sakit atau kematian yang baik. Dari sudut pandang etika/moral dan agama, euthanasia berhadapan dengan suatu prinsip yang sangat mendasar, yaitu keharusan menghormati kehidupan manusia bagaimana pun keadaannya, bahkan seandainya ia berada dalam keadaan klinis “status vegetatif” sekalipun. Untuk melihat euthanasia dalam perspektif moral terlihat jelas bahwa euthanasia sangat bertentangan dengan dengan moral, yang dimana moral merupakan nilai-nilai dalam kehidupan yang mengatur tentang tindakan dan tingkah laku baik seseorang maupun kelompok dalam masyarakat. Oleh karena itu menghilangkan nyawa orang atau membunuh merupakan suatu pelanggaran terhadap nilai-nilai moral, dan tindakan itu tidak dapat dibenarkan dan tak dapat diterima dengan alasan dan dalam keadaan apapun.

 

Abstract

This study aims to find out how euthanasia is from a moral and religious perspective: A Reflective Review of Human Nature in the Light of Gaudium Et Spes. This research uses a type of library research approach or library research for euthanasia in a moral and religious perspective where the study of euthanasia has the meaning of ending life in an easy way, without pain or good death. From an ethical/moral and religious point of view, euthanasia deals with a very basic principle, namely the obligation to respect human life no matter what the circumstances, even if he is in a clinical state of "vegetative status". To see euthanasia in a moral perspective it is clear that euthanasia is very contrary to morality, where morals are values in life that govern the actions and behavior of both individuals and groups in society. Therefore killing people or killing is a violation of moral values, and that action cannot be justified and cannot be accepted for any reason and under any circumstances. 


Keywords


euthanasia, moral dan agama, gaudium et spes. euthanasia, morals and religion, gaudium et spes.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

AmoreDio, “Euthanasia Menurut Pandangan Gereja Katolik” 13 April 2020, diunduh dari http://cg.amoredio.org/cg-reading/euthanasia/

Ensiklopedia Indonesia., “Euthanasia” (Jakarta: Ikhtiar baru-Van Hoeve, 1987), Vol. II: 978.

Fauzy Aseri, Akh., “Euthanasia: Suatu Tinjauan dari Segi Kedokteran, Problematika Islam Kontemporer”, edisi ke-4, cet. Ke-1, (Jakarta: Pustaka Firdaus, 1995).

Halim, A. (2012). Euthanasia Dalam Perspektif Moral Dan Hukum. Al-Mazaahib: Jurnal Perbandingan Hukum, 1(1).

Halim, Abd., “Euthanasia dalam Perspektif Moral dan Hukum,” dalam Jurnal Perbandingan Hukum Al-Mazaahib, Vol. 1, No. 1, 2012.

K. Bertens, K., Euthanasia, Aborsi dan Kesucian Hidup, http://www.kompas.com/-kompascetak /0110/01dikbud/euth40.htm

Rixnaldi Masut, Vinsensius, dkk., “Tinjauan Gaudium et Spes tentang Martabat Manusia dalam Kasus Terorisme” dalam Jurnal Jumpa, Vol. X, No. 2, Oktober 2022.

Seri Dokumen Gerejawi No. 19, “Gaudium et Spes: Kegembiraan dan Harapan”, Dokumen Konsili Vatikan II, terj. R. Hardawiryana,.

Seri Dokumen Gerejawi No 41,”Evangelium Vitae: Injil Kehidupan” Ensiklik Paus Yohanes Paulus II, 25 Maret 1995.

Setyanto, Nagarjito., “Euthanasia dalam Pandangan Etika Katolik” dalam Skripsi S-1, Universitas Negeri Sunan Kalijaga, Prodi Studi Agama-Agama, 2017.

Siregar, Rospita., “Euthanasia dan Hak Asasi Manusia” dalam Jurnal Hukum tȏ-râ, Volume 1, Nomor 3, Desember 2015.

William. P., Saunders, Euthanasia: Kasus Terri Schiavo, dikutip dari https://www.indocell.net/ yesaya/pustaka2/id424.ht

Yuantoro, F. A. Eka MSF., Euthanasi (Jakarta: Obor, 2019).

Zilfania Rahmawati & Ashif Az Zafi, “Euthanasia dalam Pandangan Moral, Kode Etik Kedokteran dan Perspektif Hukum Islam” dalam Jurnal Hukum Islam Alhurriyah, Vol. 6, No. 2, Desember 2020.

Katolisitas, “Apa Pandangan Gereja Tenatang Euthanasi?” Diunduh pada: https://www.-katolisitas.org/apa-pandangan-gereja-katolik-tentang-euthanasia/

Rahmawati, Z., & Zafi, A. A. (2020). Euthanasia dalam Pandangan Moral, Kode Etik Kedokteran dan Perspektif Hukum Islam. Al Hurriyah: Jurnal Hukum Islam, 5(2), 182-195.

Yamco, A. G. (2013). Euthanasia Dalam Perspektif Hukum Positif Indonesia dan Hak Asasi Manusia (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).




DOI: https://doi.org/10.47025/fer.v8i1.106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Creative Commons License

This Journal Fides et Ratio is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.